Laman

Sosialisasi Kurikulum 2013


    Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.Kurikulum  2013  merupakan pengembangan  dari  kurikulum  sebelumnya  untuk merespon berbagai tantangan internal dan tantangan eksternal. Mulai Tahun Pelajaran 2013/2014, Pemerintah menetapkan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 di seluruh sekolah di Indonesia. Dengan terkendala pendanaan di APBN, maka kebijakan tersebut ditunda dengan cara mengimplementasikan kurikulum 2013 hanya di beberapa sekolah piloting yang  memenuhi  persyaratan  dan  ditetapkan secara  selektif. 
    Di kabupaten Ngawi, ada empat SMK sebagai sekolah piloting yaitu SMK Negeri 1 Ngawi, SMK Negeri 2 Ngawi, SMK Negeri 1 Geneng dan SMK PGRI 1 Ngawi (GRISA). SMK PGRI 1 Ngawi merupakan satu-satunya SMK swasta di kabupaten Ngawi yang ditunjuk untuk mengikuti diklat kurikulum 2013 di Batu Malang pada tanggal 9-13 Juli 2013. Sebagai salah satu SMK piloting, maka SMK PGRI 1 Ngawi mengambil langkah cepat untuk mensosialisasikan kurikulum 2013 di kalangan intern guru-guru di lingkungan SMK PGRI 1 Ngawi dengan mendatangkan widyaiswara yaitu Bpk. Aris Dwi Cahyo dari P4TK/VEDC Malang pada tanggal 27-28 Juli 2013 atau dua minggu setelah pendiklatan di Batu Malang.

Foto-foto kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum 2013
Laporan Pelaksanaan Sosialisasi Kurikulum 2013 oleh Ketua Panitia (Muhadi Awaludin, SE)

Pembukaan Sosialisasi Oleh Bapak Drs. Abimanyu, MSi (KADINDIK Kab. Ngawi) didampingi Bapak Drs. H. Karjan (Kepala SMK PGRI 1 Ngawi) dan Narasumber

Pak Aris Dwicahyo memberikan pra pelatihan dengan Brain Gym
 
Monitoring Bapak Drs. H. Karjan saat penyusunan Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD

  
Bapak Aris Dwicahyo memonitor saat penyusunan Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD 

 
Suasana peserta Sosialisasi saat latihan menyusun  Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD

Suasana latihan penyusunan RPP kurikulum 2013 bersama masing-masing 
tim matpel (MGMPS) pada hari kedua

Suasana latihan penyusunan RPP kurikulum 2013 bersama masing-masing 
tim matpel (MGMPS) pada hari kedua

Foto bersama antara Bapak Aris Dwicahyo, Bapak Drs. H. Karjan 
dan seluruh panitia Sosialisasi K13





Tidak ada komentar:

Posting Komentar